Minggu, 26 Desember 2010

Tips Mengubah File Database Access ke MySQL

File database Microsoft Access dapat dimanipulasi dengan mudah. Namun, untuk menghubungkan banyak file, terutama file yang besar, tidaklah mudah. Dengan tool berikut ini, Anda dapat mengubah file Acess ke file database MySQL. MySQL adalah sebuah website open source yang menyediakan secara online akses yang aman ke file database dan tidak bergantung pada ukuran file-nya.

1. Sign up untuk account MySQL, dan Anda dapat mendownload program MySQL ke ke computer Anda.
2. Backup semua file Access Anda. Anda harus mem-backup semua file yang ada sebelum menginstal dan meng-convert-nya.
3. Download driver ODBC dan mengisntall-nya ke computer Anda. Driver ODBC dapat Anda temukan di website MySQL.
4. Click “Start/Programs/Administrative Tools/Data Sources (ODBC)”
5. Click "Add" di bawah tab "User DSN".
6. Pilih "MySQL ODBC Driver," lalu click "Finish." , click "Test Data Source," click "OK," dan click "OK" lagi.
7. Jika Anda mendapat pesan error, seperti "Unable to Connect," maka untuk sementara Anda disable terlebih dulu firewall yang mungkin sedang berjalan.
8. Coba converter gratis, contohnya DBTools, atau converter online lainnya. Setiap converter memiliki arah yang berbeda, namun tool converter DBTools yang akan digunakan dalam kali ini.
9. Pertama, nyalakan DAO, buka DBTools. Anda akan mendapat pesan bahwa belum ada profile server-nya. Pilih "Options/Preferences/DAO 3.6". Kemudian keluar dari DBTools lalu me-restart program tersebut.
10. Koneksikan ke MySQL. Sekali terkoneksi, maka Anda dapat menggunakan wizard "Import Data" agar dapat terkoneksi dengan database Access yang akan Anda convert.
11. Pilih "Access97", sesuai dengan versi Microsoft Access yang ada di computer. Click "OK" dan wizard tersebut kemudian akan meng-import dan mengkoversi file database Access ke MySQL.

(h_n)

Sumber : http://www.beritanet.com/Literature/Tutorial/Tips-Mengubah-File-Database-Access-MySQL.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar