Senin, 10 Januari 2011

Scala


SEJARAH :

Scala adalah sebuah “general purpose programming language” artinya sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah umum. Scala dirancang untuk mengekspresikan pola pemrograman biasa secara ringkas, elegan, dan tipe-cara aman. Scala mengintegrasikan fitur berorientasi objek dan bahasa-bahasa fungsional, memungkinkan Java dan pemrogram lain untuk menjadi lebih produktif.

Kode Java dan keterampilan pemrogram sepenuhnya dapat digunakan kembali. Program Scala berjalan di Java VM, Scala memiliki kode byte yang kompatibel dengan Java sehingga kita dapat memanfaatkan sepenuhnya library yang ada pada JAVA atau kode aplikasi yang sudah ada.

Pada tahun 2001 Scala lahir. Kompilator ditulis oleh Martin Oderskyyang juga menulis referensi Java compiler, yang digunakan oleh jutaan programmer Java hari ini. Martin Odersky, Profesor di EPFL, sangat menyadari rasa frustrasi yang dihadapi oleh programmer Java. Ia membentuk visi menerapkan pengetahuan terbaik dari penelitian akademis masyarakat terhadap masalah membuat pengalaman pemrograman Java lebih baik, bahkan menyenangkan. Pada gilirannya memungkinkan fusi alami dengan konsep-konsep pemrograman fungsional yang sangat penting untuk menangani concurrency.

KONSEP :

Scala adalah murni berorientasi obyek-bahasa dalam arti bahwa setiap nilai adalah obyek. Jenis dan perilaku objek yang digambarkan oleh kelas dan sifat. Kelas diperluas oleh subclassing dan fleksibel berbasis komposisi mixin mekanisme sebagai pengganti yang bersih untuk beberapa warisan.

Lebih jauh lagi, pengertian Scala pencocokan pola secara alami meluas ke pengolahan data XML dengan bantuan kanan-mengabaikan pola urutan. Dalam konteks ini, urutan comprehensions berguna untuk merumuskan pertanyaan. Fitur-fitur ini membuat Scala ideal untuk mengembangkan aplikasi seperti layanan web.

Scala ini dirancang untuk beroperasi dengan baik dengan populer Java 2 Runtime Environment (JRE). Secara khusus, interaksi dengan mainstream berorientasi obyek bahasa pemrograman Java adalah sebagai selancar mungkin. Scala memiliki model kompilasi yang sama (terpisah kompilasi, kelas dinamis loading) seperti Java dan memungkinkan akses ke ribuan yang ada perpustakaan berkualitas tinggi. Dukungan untuk. NET Framework (CLR) juga tersedia.

EDITOR :

Sedangkan untuk menulis syntax scala bisa menggunakan software editor eclipse 3.4.2

SUMBER :

http://www.scala-lang.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar